Ibu dan anak bervakansi di Sarinah Dept. Store, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat

Sarinah_postcard_lowres

 

Ibu dan anak bervakansi di Sarinah Dept. Store, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat

(Foto: anonim. Tahun: diperkirakan sekitar pertengahan 1970-an.)

 

Munculnya ide Proyek Album Foto Vakansi yang kami buat pada tahun 2011 diawali oleh foto ini. Sekitar pertengahan 2010, Aprilia Apsari alias Nn. Sari (vokalis White Shoes & The Couples Company) menemukan foto ini dijual di sebuah lapak pasar loak yang menjajakan benda-benda antik dan langka dari masa lalu. Sari yang tertarik dengan momen unik yang terekam dalam foto tersebut, membeli foto kuno “tak bertuan” ini untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Sari terkesan dengan momen yang terekam dalam foto hitam putih ini. Sebuah momen menyenangkan dari seorang Ibu yang sedang mengajak anaknya bervakansi di wahana bermain. Walaupun kami tidak mengetahui persis kejadian sebenarnya yang terekam dalam foto ini, tapi secara sepintas kami bisa menangkap kesan yang dihadirkan oleh momen ini. Suatu momen membahagiakan antara Ibu dan anak yang layak dikenang, yang mungkin pernah dialami hampir sebagian besar dari kita dan lekat dalam memori kolektif kita semua.

 

Dari sinilah tercetus ide awal dari Sari, yang kemudian dirembukkan bersama personil White Shoes & The Couples Company (WSATCC) dan saya. Yaitu ide untuk mengumpulkan foto-foto memori vakansi dari banyak orang, sebagai sebuah kumpulan kenangan atas momen-momen yang membahagiakan, yang layak untuk dibagikan kepada siapa saja melalui pameran fotografi. Fotografi kami anggap menjadi medium yang paling pas dan natural untuk menyimpan sekaligus membagi memori dan kenangan bervakansi. Selanjutnya, sebagai bagian dari rangkaian program rilis album rekaman kedua WSATCC “Album Vakansi” (Oktober 2010), kami adakan Proyek Album Foto Vakansi ini, yang mendapat sambutan menggembirakan dari banyaknya foto-foto yang dikirimkan kepada kami, hingga berhasil diwujudkan dalam bentuk pameran. Pameran Album Foto Vakansi ini akhirnya kami adakan dalam bentuk pagelaran keliling pada 2011, yang dipamerkan di ruang-ruang alternatif di tiga kota: Ruang Mes 56 (Yogyakarta), Aiola Store (Surabaya), dan Dia.Lo.Gue Artspace (Jakarta).

 

 

Pameran Album Foto Vakansi berlangsung dari 2 – 27 April 2017 di Vakansi Studio,

Hall A3 Gudang Sarinah Ekosistem, jl. Pancoran Timur II No. 4, Jakarta Selatan.

Buka hari Selasa – Jum’at jam 13.00 – 20.00

(Sabtu, Minggu, Senin & Hari Libur Tutup)

 

#wsatcc #wargacompany #vakansistudio

#albumfotovakansi #gudangsarinahekosistem #tumpahruah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *