PAGELARAN ALBUM VAKANSI: MES56 YOGYAKARTA

cover booklet

partisipan

PAGELARAN ALBUM VAKANSI
Oleh White Shoes & The Couples Company

Secara umum, fotografi dalam dunia musik populer berperan sebagai alat komunikasi visual.

Dokumentasi aktivitas dan foto profil yang berkenaan dengan pembangunan karakter dan kepentingan promosi. Hal tersebut adalah mutlak untuk dilakukan bagi musisi atau kelompok musik yang beranjak meniti karirnya. Namun seperti yang kita ketahui juga, medium fotografi tak jarang digunakan oleh musisi sebagai alat untuk memperkuat pesan terkait dengan seni musik yang diciptakannya. Hal ini berdiri sejajar sebagai kesatuan karya. Foto portrait Blur “British Image #1” yang bergaya subkultur anak muda di Inggris dibuat sebagai alat perlawanan atas kejadian yang menimpa mereka saat tur pertamanya tidak diterima dengan baik di Amerika. Album fenomenal yang disebarkan gratis oleh Nine Inch Nail “Ghosts I–IV” mennyertakan seri foto landscape sebagai bagian dari konsep album tersebut.

Lain lagi dengan White Shoes & The Couples Company. Band pop kreatif asal ibukota ini dibangun sebagai sebuah kelompok yang menggunakan medium seni musik, rupa dan pertunjukan. Citra dan pesan diciptakan melalui lagu, gambar tangan, desain grafis, fashion, gerak, tata panggung dan audio visual mencakup video dan fotografi. Latar belakang para musisinya yang mengenyam pendidikan tinggi seni rupa dan musik di Institut Kesenian Jakarta secara tidak langsung turut membentuk konsep besar tersebut. Album “Vakansi” adalah album kedua dari White Shoes & The Couples Company. Album ini dipicu oleh pengalaman mereka saat bertandang ke Amerika untuk memeriahkan festival musik dan film South by Southwest (SXSW) pada Maret 2008. Ini kali pertama mereka menginjakkan kaki di negeri paman Sam. Siapa saja yang memiliki pengalaman dan kesempatan seperti ini akan menggunakannya juga sebagai sebuah liburan, pelesiran. Tak bisa disangkal, fotografi merupakan cara yang tepat untuk mengabadikan aktivitas tersebut. Sampul album “Vakansi” kemudian memuat koleksi foto liburan saat mereka melakukan tur di berbagai daerah.

Sebagai sebuah institusi fotografi dan sahabat di ranah seni rupa, MES 56 mendapat kehormatan untuk menampilkan koleksi foto liburan yang dikumpulkan secara kolektif oleh White Shoes & The Couples Company. Selain pameran foto, pagelaran ini akan dimeriahkan juga oleh pertunjukan perdana album “Vakansi” di Yogyakarta.

White Shoes & The Couples Company bekerjasama dengan Ruang MES 56 (Yogyakarta) mengadakan PAGELARAN ALBUM VAKANSI, berupa Mini Konser dan Pameran Fotografi Album Foto Vakansi di Ruang  MES 56, Yogyakarta. Sebelumnya kami merilis sebuah proyek seni yang kami namakan Proyek Album Foto Vakansi yang dimulai pada 8 April 2011 sampai 8 Mei 2011. Selama 1(satu) bulan penuh, kami mengundang siapa saja untuk mengirimkan foto-foto memori vakansi kepada kami. Proyek Album Foto Vakansi adalah sebuah proyek pameran fotografi dari memori kolektif saat bervakansi yang kemudian ditampilkan dalam bentuk pameran fotografi.  Tujuan kami adalah untuk saling berbagi pengalaman dan memori bervakansi yang berkesan dan menyenangkan lewat foto, juga sekaligus memperlihatkan tempat-tempat bervakansi yang tersebar di seluruh pelosok nusantara dan juga penjuru dunia.

Proyek Album Foto Vakansi yang singkat ini pada akhirnya telah mengumpulkan sekitar 400 foto yang dikirimkan oleh 92 peserta pameran dari berbagai kota di Indonesia. Foto-foto yang terpilih kami pamerkan secara online di situs kami: www.whiteshoesandthecouplescompany.org , dan kami tampilkan dalam sebuah pameran fotografi berjudul “Album Foto Vakansi” di Ruang Mes 56, Yogyakarta.

Pada pembukaan acara PAGELARAN ALBUM VAKANSI ini, White Shoes & The Couples Company akan bermain sepanjang 90 menit, membawakan lagu-lagu terbaru dari Album Vakansi untuk pertama kalinya di Yogayakarta.

White Shoes & The Couples Company
(Aprilia Apsari – Rio Farabi – Saleh Husein – Ricky Virgana – Aprimela Prawidyanti – John Navid)

** Untuk Semua Umur.

*** CD Album Vakansi, merchandise spesial dan cendera mata terbatas akan tersedia di  MES 56.

Pagelaran ini didukung oleh:
purapura Records / demajors / Kongsi Jahat Syndicate / JogjaNews.Com / Yes No Wave Music / Radio Pamityang2an

Informasi & kontak:

White Shoes & The Couples Company
Indra Ameng
+62818817548
wsatcc@gmail.com
www.whiteshoesandthecouplescompany.org

Ruang MES 56
Jalan Nagan Lor 17, Patehan, Kraton, Yogyakarta 55131
Phone: +62 274 375131
Mobile: +6281558505996 (Wimo Ambala Bayang)
ourmes56@gmail.com
www.mes56.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *